Saturday 8 December 2012

Mobil pertama yang roda nya berputar di bulan

13459791981084261541Lunar Roving Vehicle adalah mobil pertama memutarkan roda nya di permukaan bulan
keberadaan menjadi sangat melegenda kerena ini adalah mobil yang menggambarkan betapa keras nya negri Amerika untuk menerbangkan manusia di bulan.Neil Armstrong,Buzz Aldrin,dan Michael Collins 3 manusia pertama yang berkunjung ke satelit alami bumi dan mereka menggunakan mobil tentu nya untuk menjelajah ya karena mobil memang bisa di andalkan
Proyek membuat mobil ke bulan sebenarnya muncul jauh sebelum Armstrong, Collins dan Aldrin ke bulan. Ide itu muncul pada 1964 dimana NASA kala itu sangat bersemangat membuat sebuah mobil yang bisa digunakan untuk menjejaki bulan dan planet-planet lainnya. Namun proyek tersebut menemui jalan buntu karena prototipe bernama MOLAB yang dibuat oleh perusahaan Grumman dan kontraktor lainnya sangat berat dan terlalu besar. Impian membawa mobil ke bulan pun sedikit terhambat.

Euforia baru mencuat lagi setelah Armstrong, Aldrin dan Collins balik dari bulan. NASA lewat Dr. Wernher von Braun, Director of the Marshall Space Flight Center (MSFC) NASA langsung bertanya kepada mereka. “Kita sudah bisa menjejakkan kaki di bulan bagaimana cara kita mengeksplorasi bulan dengan sebuah kendaraan?”
Setelah melakukan berbagai wawancara proyek pembuatan “Moon Buggy” itu pun dimulai lagi. MSFC menunjuk Boeing untuk membuat mobil impian tersebut. Dana yang disiapkan pun luar biasa besar yakni USD19,6 juta. Untuk memuluskan proyek tersebut, MSFC juga meminta Saverio Morea, yang sangat paham dengan dunia mesin mobil F-1 terlibat dalam pembuatan Lunar Roving. Selain itu General Motors juga dilibatkan untuk proyek prestisius ini.
NASA pun mendesak agar Boeing dan General Motors bisa membuat mobil tersebut dalam waktu 17 bulan. Sebab nantinya mobil tersebut akan dibawa pada proyek Apollo 15. Hebatnya dengan dukungan dana yang besar dan usaha yang keras usaha tersebut berhasil diwujudkan.
Dari segi desain Lunar Roving Vehicle tidaklah impresif. Tapi tentunya ada berbagai pertimbangan akan kondisi ruang angkasa dan bulan yang menyebabkan mobil tersebut jauh dari kata menarik. Namun, ketangguhan mobil tersebut melintasi bulan tidak perlu diragukan lagi.

Kecepatan mobil ini memang tidak sekencang Bugatti Veyron Super Sport yang saat ini memegang rekor kecepatan terkencang 431 kilometer per jam. Hanya saja dengan kondisi ruang hampa, berhasil berjalan tanpa cela saja sudah sangat luar biasa. Ban yang disiapkan oleh General Motors untuk mobil ini pun luar biasa. Seluruh ban dibekali energi listrik agar juga bisa mengeluarkan tenaga untuk menjalankan mobil tersebut.
Setelah 17 bulan bekerja keras, pada 31 Juli 1971 mobil bertenaga listrik tersebut dibawa dan dikendarai di bulan oleh 2 orang astronot NASA David Scott dan James Irwin. Lunar Rovings Vehicle kembali digunakan pada misi selanjutnya misi Apollo 16 dan Apollo 17. Dan tahukan Anda ketiga mobil yang dana pembuatannnya menghabiskan jutaan dolar tersebut justru ditinggalkan di bulan?
Keberhasilan Lunar Roving Vehicle (LRV) mendarat di bulan memang tidak sefenomenal Neil Armstrong, Edwin Aldrin dan Michael Collins. Namun bagi dunia automotif kehadiran Lunar Roving Vehicle (LRV) di bulan adalah sebuah langkah besar. Teknologi yang sudah diterapkan saat pembangunan proyek tersebut justru bisa dimanfaatkan oleh industri automotif dunia.
Tapi NASA sepertinya sudah mengembangkan mobil bulan yang terbaru dengan kemampuan yang super canggih dan bahkan mobil baru itu dapat memutar roda nya hingga 360 derajat yang berarti dapat parkir menyamping.Hebat
Foto:NASA

0 comments:

Post a Comment