Tuesday 14 May 2013

Hypercar dari Swedia sebagai mobil tercepat


Koenigsegg Agera R
Hypercar adalah mobil super terbaru yang pernah ada. Dapat memecahkan rekor kecepatan yang pernah ada. Koenigsegg Agera R akan duduk di deretan terdepan sebagai mobil tercepat di dunia.
Agera R pertama kali diperkenalkan oleh Koenigsegg pada bulan Maret 2011 di Geneva Motor Show. Di tahun berikutnya masih dalam event yang sama Koenigsegg kembali memperlihatkan Agera R.
Tentunya dengan berbagai kelebihan – kelebihan yang cukup mencolok. Dipersiapkan untuk tahun 2013, Koenigsegg telah memperbaharui Agera R dengan kekuatan lebih.
Jika nantinya mobil super cepat ini bisa melesat lebih dari 431 km/jam maka Agera R akan menjadi mobil tercepat di dunia yang pernah diciptakan.
Rekor dunia tercepat sampai saat ini masih dipegang oleh Buggatti Veyron Super Sport. Produsen hypercar dari Swedia kini sudah siap untuk mencoba batas akhir dari kecepatan mobilnya tersebut.
Agera R memiliki prestasi yang cukup membanggakan untuk disejajarkan dengan mobil – mobil hypercar lainnya. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 detik untuk mencapai kecepatan 300 km/jam. Sementara dari 0 sampai ke 321 km/jam hanya dalam hitungan 17 detik.
Model terbaru dari Agera R telah mengalami penyempurnaan yang luar biasa dari model sebelumnya. Veleg yang terbuat dari bahan serat karbon merupakan salah satu hal yang menonjol pada perubahan hypercar ini.
Veleg serat karbon pertama di dunia yang menggunakan desain berongga one piece yang memang dikembangkan secara khusus oleh Koenigsegg dengan istilah Aircore Technology. Veleg super ringan ini akan menghemat bobot hampir 20 kg.
Menggunakan silinder mesin dengan teknologi nano dari perusahaan asal Swedia ANS (Applied Nano Surfaces), menjadikan Agera menjadi mobil pertama yang menggunakan teknologi ini di dunia otomotif.
Fungsi dari silinder ini sendiri adalah untuk mengurangi setiap gesekan yang meningkatkan kinerja mobil menjadi lebih bertenaga.
Sekitar 6 sampai 9 persen energi yang dipasok ke mesin hilang akibat beban gesekan antara ring piston dan permukaan silinder menurut hasil pengamatan ANS.
Kerugian gesekan ring piston dengan dinding silinder bisa diminimalisasikan antara 30 hingga 50 persen jika menggunakan teknologi nano.
Produsen shock absorber dari Swedia, Ohlins juga diajak bekerja sama oleh Koenigsegg untuk mengembangkan suspense Triplex terbaru yang menjadi material dasar yang digunakan pada Agera R.
Pada saat mobil ini diluncurkan, Koenigsegg mengklaim bahwa Agera R dapat melaju lebih cepat melebihi Bugatti Veyron. Pada bulan September tahun lalu Koenigsegg mencobanya dengan mengalahkan sejumlah rekor dunia yang diraih oleh mobil cepat lainnya.
Koenigsegg mendapat kabar langsung dari pihak Guiness. “Waktu tercepat untuk sebuah mobil berpenumpang dua orang yang pernah diproduksi untuk berkendara dari 0-300-0 km/jam adalah 21.19 detik diraih oleh Koenigsegg Agera R yang dikemudikan oleh Robert Serwanski di kota Angleholm, Swedia.”
source: http://www.oktomagazine.com/arsip/1701/hypercar.tercepat.di.dunia

0 comments:

Post a Comment